Minggu, 01 Maret 2015

Sejarah Pulau Burung

Assalamualaikum Wr.Wb,

Salam Mahasiswa Pulau Burung.

Puji syukur kehadirat Illahirabbi, penulis masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT, hari ini penulis akan mencobe sedikit berbagi ilmu kepade para pembace yang budiman, yang mane penulis akan mencobe sedikit bercerite tentang tempat kelahiran penulis sendiri yakni sebuah desa yang terpencil dan terletak dipesisir pantai utara dari kabupaten Indragiri Hilir yang berbatasan langsung dengan KEPULAUAN RIAU. yakni "PULAU BURUNG"

konon cerite desa Pulau Burung merupakan satu pulau yang terpencil yang banyak terdapat banyak spesies burung-burung dimane setiap pagi dan sore hari hari sering terdengar kicaun-kicaun burung yang beragam kesana kemari untuk mencari makan, selain itu juge didepan pulau tersebut ade sebuah pulau yang bername pulau sumatera yang memiliki sebuah perusahaan yang mengelola kelape Hibrida, dikarena dengan berkembang pesatnye daerah tersebut , dari masyarakat setempat menjadikan pulau tersebut sebagai pulau burung, hingga sekarang.

 Sebelum menjadi kecamatan Pulau Burung, desa pulau burung merupakan kelurahan dari Kateman atau akrabnye disebut sei Guntung. Akhirnye setelah sekian tahun desa Pulau burung memisahkan diri dan menjadi Kecamatan sendiri yang terdiri dari 15 Desa. denga kecamatan Pulau Burung. 

NEGARA : Indonesia

PROVINSI : Riau

KABUPATEN  :Indragiri Hilir

KECAMATAN : Pulau Burung

LUAS WILAYAH : 538,33 Km/segi

JUMLAH PENDUDUK : 21.688 Jiwa

KEPADATAN : 40 Jiwa / Km/segi 

JUMLAH DESA : 15 Desa

Nama-nama Desa yang ada di kecamatan Pulau Burung:

  1. Desa Pulau Burung
  2. Desa Teluk Nibung
  3. Desa Sri Danai
  4. Desa Bangun Harjo
  5. Desa Bukit Sari Intan
  6. Desa Binangun Jaya
  7. Desa Keramat jaya
  8. Desa Manunggal Jaya
  9. Desa Mayang Sari Jaya
  10. Desa Ringin Jaya
  11. Desa Sapta Jaya
  12. Desa Sempadan Jaya
  13. Desa Sungai Danai
  14. Desa Suka Jaya
  15. Desa Suka Harjo Jaya
Untuk kepemimpinan kecamatan pulau burung sudah banyak sekali pergantian camat, saat ini Tahun 2015 Pulau Burung di pimpin oleh seorang Camat yang bernama M.NAZAR. S.Sos, Msi. Masyarakat juga sangat berharap kepada Pimpinan saat ini lebih meningkatkan kualitas kerjanya bagi masyarakat, melayani masyarakat dengan sepenuh hati, memperbaiki sarana dan prasarana yang belum memadai didaerah pulau burung, serta peningkatan ekonomi masyarakat yang masih banyak pengangguran. Komoditas masyarakat Pulau Burung sebagian besar ialah pertani dan nelayan.

dilihat dari kekayaan alam yang ada Pulau Burung merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar di Indragiri Hilir dimana terdapat sebuah perusahaan yakni PT RSUP INDUSTRI, tentunya yang diharapkan juga bisa membantu untuk perkembangan pembangunan daerah, pemerintah, pengusaha, serta masyarakat hendaknya saling bekerja sama untuk mendorong pembangunan daerah agar daerah pulau burung menjadi daerah yang berkembang nantinya.

Mungkin ini sedikit saja informasi yang bisa  penulis sampaikan, harapan kedepannya pulau burung bisa menjadi daerah yang lebih maju. aamiiin Allahhumma Aamiin

Terima kasih atas waktunya untuk singgah di Blog Ini Lain waktu penulis akan kembali mememberikan informasi terkait perkembangan daerah Pulau Burung. sekian terima kasih

Wassalamualaikum wr, wb



 

 


5 komentar:

  1. I love pulau burung
    ilove ringin jaya
    smoga kapan2 bisa kesana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin,,,salam kenal mas saya dari desa pulau burung

      Hapus
  2. saya dulu pernah tinggaal disekitar sana, saya ikut orang tua saya transmigrasi di SP IV, saya coba caari di google nggaak ktmu nama desanya

    BalasHapus